Thursday, September 24, 2020

Bagian Bagian Microsoft Word

Bagian Bagian Microsoft Word

Microsoft Word dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut mempunyai fungsi masing-masing. Berikut ini adalah uraian bagian-bagian dari Microsoft Wor.

 

Apa Itu Menu Bar ? 

Pengertian, Fungsi Dan Jenis – Jenisnya


  • Whatsapp

Pengertian Menu Bar | Selamat datang kembali di situs Utopicomputers, situs yang membahas mengenai teknologi informasi dan komputer. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai Menu Bar, apa itu Menu Bar ? bagi sobat komputer yang sudah lama berkecimpung dengan komputer pasti tidak asing dengan istilah yang satu ini. Akan tetapi bagi sobat yang masih awam pastinya masih belum mengetahui pengertian dan fungsi Menu Bar itu sendiri. Untuk lebih memahami mengenai pengertian, fungsi dan jenis – jenis Menu Bar, sobat komputer perlu membaca ulasan kali ini sampai selesai.

Apa Itu Menu Bar ? Pengertian, Fungsi Dan Jenis – Jenisnya

Pengertian Menu Bar

Mengenal Fungsi Bagian-Bagian Menu Pada Microsoft Word 2007

Menu Bar adalah sebuah elemen kontrol drop down yang berisikan perintah -perintah untuk menjalankan fitur – fitur tertentu pada sebuah aplikasi komputer, elemen ini biasanya terletak dibagian atas tampilan software aplikasi. Setiap software memiliki menu yang berbeda – beda tergantung dari fitur yang ditawarkan oleh software tersebut, akan tetapi ada beberapa menu yang banyak digunakan oleh software pada umumnya diataranya menu file dan edit. Lalu apa fungsi dari Menu Bar itu sendiri ?

Fungsi Menu Bar

Secara garis besar fungsi Menu Bar adalah menampilkan daftar menu pada sebuah software aplikasi sesuai dengan fitur – fitur yang disediakan oleh aplikasi. Akan tetapi fungsi menubar yang lebih spesifik dapat dibedakan dari jenis – jenis Menubar seperti menu open berfungsi untuk membuka sebuah file, new untuk membuat file baru dan lain sebagainya.

Jenis – Jenis Menu Bar

A. Menu File

Menu File berfungsi untuk pengaturan file atau dokument. Pada menu ini terdapat beberapa sub menu yang biasanya ada diataranya adalah sebagai berikut.

  • New : Menu ini berfungsi untuk membuat sebuah file baru.
  • Open : Menu open berfungsi untuk membuka file yang tersimpan pada komputer.
  • Close : Menu ini berfungsi untuk menutup tampilan file yang sedang terbuka.
  • Save : Menu save digunakan untuk menyimpan file yang sebelumnya sudah kita simpan dengan nama yang sama pada direktori yang sama.
  • Save As : Menu save as digunakan untuk menyimpan file dengan nama baru dan diletakan pada direktori sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Print Preview : Menu ini digunakan untuk menampilkan file sebelum dicetak.
  • Print : Menu ini digunakan untuk mencetak file kedalam media kertas.
  • Exit : Menu yang digunakan untuk menutup aplikasi.
  • Dll.

B. Menu Edit

Fungsi menu yang satu ini digunakan untuk melakukan editing pada file atau dokument. Pada menu ini ada beberapa sub menu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Undo : Menu ini digunakan untuk mengembalikan dokumen pada saat sebelum ada perubahan.
  • Redo : Menu ini digunakan untuk mengembalikan dokumen setelah dilakukan pengeditan sebelumnya.
  • Cut : Menu cut digunakan untuk memotong objek pada lembar kerja.
  • Copy : Menu ini digunakan untuk mencopy objek yang ada pada lembar kerja.
  • Paste : Menu ini digunakan untuk menempelkan objek yang sebelumnya dipotong atau dicopy pada sebuah lembar kerja.
  • Find : Menu ini digunakan untuk melakukan pencarian suatu kata tertentu pada lembar kerja.
  • Replace : Menu replace digunakan untuk mengganti kata dengan kata baru pada sebuah lembar kerja.
  • Select All : Menu ini digunakan untuk memilih semua objek pada lembar kerja.
  • Dll.

C. Menu Format

Menu Format digunakan untuk melakukan penformatan objek – objek pada lembar kerja, pada menu ini ada beberapa sub menu diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Font : Digunakan untuk mengatur model huruf pada text yang ada di lembar kerja.
  • Paragraph : Menu ini digunakan untuk mengatur jarak baris pada lambar kerja.
  • Bullet and Numbering : Digunakan untuk memberikan penomeran dan simbol pada objek.
  • Border and shading : Digunakan untuk memberikan bingkai dan shading pada lembar kerja.
  • Tabs : Menu ini digunakan untuk mengatur jarak tabulasi pada lembar kerja.
  • Dll.

D. Menu View

Menu View digunakan untuk pengaturan tampilan lembar kerja yang sedang kita buat. Untuk menu view sobat komputer akan menemukan beberapa sub menu diataranya sebagai berikut.

  • Normal : Digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja dengan sederhana, sehingga akan mempermudah dalam memanipulasi file.
  • Print Layout : Digunakan untuk mengatur tampilan file sesuai dengan sesungguhnya ( setelah file dicetak pada media kertas ).
  • Reading Layout : Digunakan untuk mengatur tampilan file halaman per halaman.
  • Full Screen : Menampilkan file dengan ukuran penuh padah layar monitor.
  • Dll.

E. Menu Help

Menu Help digunakan untuk memberikan bantuan kepada pengguna software apabila pengguna software tersebut mengalami kesulitan. Terdapat beberapa tipe bantuan yang bisanya ditawarkan oleh pengembang aplikasi, diataranya dalam bentuk dokument, file html atau dapat juga mengunjungi situs website tertentu.

Itulah ulasan mengenai pengertian Menu Bar dan jenis – jenis Menu Bar yang biasanya tersedia pada sebuah program aplikasi, Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi komputer berikutnya.

Title Bar

kegunaan microsoft word

Title bar terletak bagian paling atas layar yang berisi judul dokumen yang berada di tengah, tombol close, minimize dan maximize di sebelah kanan, tombol save, redo dan repeat di sebelah kiri. Fungsi dari tombol-tombol tersebut yaitu :

Tombol Close  berfungsi untuk menutup dokumen
Tombol Minimize  untuk menampilkan dokumen ke ukuran minimal atau berbentuk icon
Tombol Maximize  untuk menampilkan dokumen ke ukuran maximal atau pas ke layar monitor
Tombol Save  untuk menyimpan dokumen
Tombol Undo  untuk membatalkan perintah yang sudah dilakukan sebelumnya
Tombol Repeat Typing  untuk mengulangi teks yang sudah diketik

Menu Bar

kegunaan microsoft word

Menu Bar terletak di bawah Title Bar. Menu Bar berisi menu-menu dengan 

 

 

 

 

 

 

Tool Bar per menu nya. Contoh menu yang ada di Menu Bar adalah

  • Menu file berfungsi untuk menyimpan lembar kerja, untuk menyimpan kembali lembar kerja dengan judul yang berbeda atau mengkloning atau menggandakan dokumen, untuk mencetak dokumen, untuk membagikan dokumen, untuk menyimpan dokumen dengan jenis file yang berbeda misalnya pdf, untuk menutup dokumen, untuk membuka 
  • file / dokumen yang ada atau pernah dibuat, untuk membuat baru lembar kerja / dokumen, untuk mengetahui info dari file / dokumen yang sedang dibuat. Contoh submenu yang terdapat di File yaitu Home, New, Open, Info, Save, Save As, History, Print, Share, Export, Close, Account, Feedback, Options.
  • Menu Home berisi beberapa kolom antara lain : Kolom Font berisi menu-menu yang berfungsi untuk mengedit font seperti mengganti jenis font, mengatur ukuran font, menu Bold/Italic/Underline, warna font, dan lain sebagainya. Kolom Clipboard berisi menu Copy, Cut, Paste dan Format Painter. Kolom Paragraph berisi menu-menu untuk membuat penomoran, bullet, pengaturan margin, dan lain-lain. Kolom Styles berfungsi untuk membuat kreasi pada huruf. Terakhir kolom Editing yang berfungsi untuk mencari teks, menyeleksi teks dan objek, mengganti teks.
  • Pada menu Insert berisi kolom Tables (untuk membuat table), Illustrations (untuk menyisipkan gambar, shapes, chart dan lain-lain), Add-Ins, Media, Links, Pages, Comments, Header & Footer (untuk menyisipkan catatan atau catatan kaki pada dokumen), Text, Syimbols (untuk menyisipkan simbol).
  • Menu Design Berisi kolom Page Background (untuk memberi background, membuat border dan watermark) dan Document Formatting.
  • Kolom pada menu Layout adalah Arrange, Page Setup (berfungsi untuk mengatur margin dan lain-lain), Paragraph (untuk mengatur spasi).
  • Kolom-kolom pada References antara lain , Captions, Index, Table of Authorities, Table of Contents, Footnotes (untuk membuat catatan kaki), Smart Lookup Research, Citations & Bibliography.
  • Menu Mailings memiliki kolom Write & Insert Fields, Preview Results, Finish, Create (untuk membuat label, amplop dan lain-lain), Start Mail Merge.
  • Kolom Tracking, Changes, Compare, Protect, Hide Ink, Proofing, Accessibility, Language, Comments, yang terdapat di menu Review.
  • Menu View berisi kolom Views, Page Movement, Show, Zoom, Window, Macros, SharePoint. Untuk melihat, menampilkan dokumen, Memperbesar dan memperkecil dokumen adalah fungsi dari menu View.
  • Untuk mencari bantuan apabila ada masalah pada word / dokumen adalah fungsi dari menu Help.
Itulah menu-menu yang ada di Menu Bar.

Ruller

Ruller berfungsi untuk menyelaraskan teks atau merapikan teks / paragraph agar terlihat rapi. Ruller berada di atas dan disamping kiri lembar dokumen yang memudahkan pengetik untuk mengatur kerapihan sebuah paragraph.

Sedangkan disamping kanan lembar dokumen berisi scrool untuk mengarahkan ke bawah dan ke atas dokumen. Dibagian bawah lembar dokumen terdapat menu yang menampilkan jumlah Page, Kata, Bahasa, tombol Zoom.

 

0 comments:

Post a Comment