Wednesday, September 23, 2020

Mengoperasikan Word Processing

 

Mengoperasikan Word Processing

Pengolah kata umum digunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering dilakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan, seperti penomoran, pengaturan spasi, margin Oarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pengolah kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat. Bahkan, kita dapat menggunakan fungsi otomatis, seperti membuat daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar pustaka secara otomatis melalui style and formatting, caption, dan citation. Contoh aplikasi pengolah kata, antara lain Microsoft Office Word, OpenOffice.org Writer/Text Document, Libre Office Writer, Kingsoft Office Word, dan sebagainya.
Pada bahasan ini, kita akan langsung mempraktikkan pengoperasian salah satu aplikasi tersebut, yaitu aplikasi pengolah kata yang paling dominan digunakan oleh bagian administrasi perkantoran. Aplikasi yang banyak digunakan dewasa ini adalah Microsoft Word. Oleh karena itu, bahasan berikut berisi tentang cara pengoperasian Microsoft Word.
Microsoft Word adalah software pengolah kata (word processing) yang merupakan bagian dari Microsoft Office Suite (Microsoft Excel, Power Point) dibuat oleh Microsoft Corporation (http://www.microsoft.cont).
Ada 3 paket utama produk Microsoft Office, yaitu:
1. Home and Student,
2. Home and Business,
3. Professional.
Sebagian orang masih menganggap Word sebagai tools yang sederhana, anggapan ini kemudian menyebabkan mereka menggunakan Word tidak ubahnya seperti mesin ketik biasa. Akhirnya segala sesuatunya dilakukan secara manual. Jika demikian adanya, software/aplikasi ini sebenarnya terlalu canggih jika digunakan hanya untuk urusan ketik mengetik saja. Bahkan menurut suatu riset, umumnya pengguna Microsoft Word hanya mengeksplore 20% dari keseluruhan fitur yang disediakan.
Seiring dengan perkembangan software aplikasi microsoft word, tingkat penguasaan kita sebagai operator juga harus semakin baik. Karena microsoft word versi terbaru hadir dengan membawa fitur-fitur dan kelebihan-kelebihan yang barn pula. Jika kemampuan operator tidak mengikuti perkembangan software itu sendiri maka sangat disayangkan banyak fitur yang tersedia yang tidak dimanfaatkan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita.

1. Mulai Bekerja dengan Ms. Word
a. Membuka Program Aplikasi Microsoft Word
Untuk membuka program aplikasi Microsoft ord. klik dua kali ikon Word di desktop dan Word terbuka. Cara lainnya bisa dengan mengikuti adalah sebagai berikut: 

0 comments:

Post a Comment