Pengoperasian Aplikasi Pengolah
Presentasi
Micorosoft PowerPoint 2007 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang handal. Presentasi Power Point dapat terdiri dari teks, grafik, objek gambar, clipart, movie, suara dan objek yang dibuat program lain.
Program ini pun dapat dicetak secara langsung menggunakan kertas, atau dengan menggunakan transparansi untuk kebutuhan presentasi melalui Overhead, serta dapat dicetak untuk ukuran slide film. Apabila dibutuhkan dibagikan kepada audiens sebagai bahan pendukung dalam presentasi, maka kita dapat mencetaknya seperti notes, handout dan outline. Kita juga dapat menampilkan presentasi secara online baik melalui internet maupun intranet.
Tampilan Ms. PowerPoint 2007 mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan versi sebelumnya. Pada dasarnya semua tools yang ada pada Ms. PowerPoint 2007 juga ada versi yang belumnya, tetapi tampilannya sangat berbeda dan terdapat beberapa fitur tambahan. Jika Anda telah menguasai Ms. PowerPoint sebelumnya, maka Anda akan lebih mudah untuk mempelajari kembali penggunannya pada Ms. PowerPoint 2007.
Mengaktifkan Ms. PowerPoint
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Ms. Power Point 2007
yang ada di komputer Anda.. Pengaktifan Ms. Power Point 2007 ini bisa dilakukan
dengan langkah berikut :
• Klik START, pilih Program, pilih Microsoft Office, dan kemudian klik Power Point.
Posisi menu bisa saja tidak sama antara satu komputer dengan komputer lainnya,
Jika Anda sudah membuat shortcut dan menempatkannya pada desktop, maka Anda dapat mengaktifkan Ms. PowerPoint 2007 dengan mengklik (double click) icon shortcut tersebut.
Lembar Kerja Ms. PowerPoint
Seperti telah disampaikan di atas, tampilan lembar kerja Ms. PowerPoint 2007 berbeda dengan Ms. PowerPoint sebelumnya (mis: Ms. PowerPoint 2003), begitu juga dengan penggunaan istilahnya.
Gambar 2. Lembar Kerja Ms. PowerPoint 2007
Gambar 3.Tool in Ms. PowerPoint
Fungsi dari Tools dalam Ms. PowerPoint 2007
Terdapat perbedaan istilah yang digunakan Ms. PowerPoint 2007 dibandingkan versi sebelumnya, antara lain penggunaan istilah Ribbon Tabs untuk menggantikan menubar dan Ribbon untuk kumpulan toolbar (tools group).
a. Fungsi Utama Tombol Ms. Office (Ms. Office Button)
Ms. Office Button berisi fungsi-fungsi utama dari File, antara lain : New, Open, Save, Save as, Print, Prepare, Send & Publish.
Gambar 4.Fungsi Ms. Office Button
b. Quick Access Toolbar berisi shortcut untuk fungsi Save, Undo, and Repeat.
Shortcut ini dapat ditambah dengan mengklik panah di sebelah kanan.
Gambar 5.Quick Access Toolbar
Jika kita mengaktifkan seluruh menu yang ada di pilihan Customize Quick Access Toolbar, maka shortcutnya akan aktif pada Quick Access Toolbar, seperti gambar berikut ini :
Gambar 6 Customize Quick Access Toolbar
c. Ribbon Tabs
Setiap Ribbon Tab akan menampilkan Ribbon yang berisi beberapa set dari Tool Groups. Ribbon tabs dalam Ms. PowerPoint 2007 antara lain : Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review, dan View.
Gambar 7 Ribbon Tabs
a. Ribbon Tab Home
Pada Ribbon Tab Home terdapat beberapa tool group, antara lain : Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing dan Editing, yang berfungsi untuk mengatur format slide dan isinya.
Clipboard, terdapat tombol copy, paste, cut, dan format painter.
Slide, terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete.
Paragraph, terdapat tombol untuk mengatur perataan (alignment), bullet and numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.
Drawing, terdapat tombol Text Box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, dan Shape Effects.
Editing, terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select.
b. Ribbon Tab Insert
Ribbon tab Insert terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Anda.
Illustrations, terdapat tombol-tombol yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart (grafik).
Links, tombol-tombol pada tool group ini dapat digunakan untuk membuat link pada slide.
Media Clips, untuk memperkaya tampilan slide Anda, maka anda dapat menambahkan file sound (suara) atau movie (film).
c. Ribbon Tab Design
Jika anda mengklik Ribbon tab Design, maka akan muncul Ribbon denganbeberapa tool group, antara lain : Page Setup, Themes, dan Background, berfungsi untuk mendesain slide Anda.
Page Setup, terdapat tombol untuk mengatur orientasi dari slide, apakah anda akan menggunakan orientasi portrait atau landscape.
Themes, Anda bisa menggunakan pilihan desain yang sudah disiapkan oleh Ms. PowerPoint 2007untuk slide Anda.
Background, untuk memperindah slide yang Anda buat, anda bisa menata latar belakang slide Anda dengan menggunakan menu pada toolgroup ini.
d. Ribbon Tab Animations
Pada Ribbon Tab Animations, Anda bisa menambahkan berbagai macam bentuk animasi pada slide Anda. Terdapat 3 tool group yang bisa Anda gunakan, antara lain :
Preview, tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda.
Animations, Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
Transition to This Slide, untuk memebrikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat.
e. Ribbon Tab Slide Show
Ribbon Tab Slide Show terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
Start Slide Show, untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan, apakah dari awal (from beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from current slide show) atau pilihan Anda sendiri (custom slide show).
Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record narration) dan menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.
Monitors, Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada tool group ini.
f. Ribbon Tab Review
Terdapat tiga tool group pada Ribbon Tab ini, antara lain :
Proofing, digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.
Comments, Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
Protect, Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat.
g. Ribbon Tab View
Tool group yang terdapat pada Ribbon Tab ini antara lain :
Presentation Views, pada bagian ini Anda dapat melihat keseluruhan dari slide yang telah Anda buat. Anda bisa melihatnya secara normal, slide sorter, notes page, dan slide show. Selain itu Anda juga dapat membuat slide Master sesuai dengan desain yang Anda inginkan.
Show/Hide, untuk membantu Anda dalam membuat slide presntasi, Anda bisa menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines).
Zoom, Anda dapat memperbesar ukuran slide yang Anda buat atau secara normal.
Color/Grayscale, Pada bagian ini anda dapat menentukan apakah slide yang Anda buat berwarna (color) atau hitam putih (grayscale).
Window, Anda manata tampilan window PowerPoint apakah secara cascade, split, atau berpindah ke window lain.
4. Dialog Box Launcher
Apabila Anda meng-klik Dialog Box Launcher berupa panah kecil di sudut sebalah kanan bawah tools Group, maka akan teruka Dialog Box yang mempunyai pilihan dan setting dari toolgroup tersebut.
Menyimpan Dokumen Ms. PowerPoint 2007
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda akan menyimpan dokumen yang Anda buat, antara lain :
• Apabila Anda menyimpan dokumen sebagai Ms. PowerPoint 2007, maka dokumen tersebut tidak dapat dibuka pada Ms. PowerPoint versi sebelumnya.
• Selalu menggunakan Save as untuk menyimpan dokumen, karena akan memudahkan memilih tipe penyimpanan, disesuaikan dengan Ms. PowerPoint yang digunakan dan kebutuhan lainnya.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyimpan dokumen, antara lain :
§ Klik logo/tombol Ms. Office yang ada pada sudut kiri atas lembar kerja, kemudian pilih Save as. Ms. Office Button >> Save as
a. PowerPoin Presentation, Anda dapat menyimpan dokumen yang anda buat sesuai dengan format Ms. PowerPoint 2007 (*.pptx)
b. PowerPoint Show, Anda menyimpan dokumen yang Anda buat dimana jika Anda mengaktifkannya maka akan terbuka sebagai tampilan Slide Show.
c. PowerPoint 97-2003 Presentation, Menyimpan copy dari presentasi yang anda buat dengan format yang dapat dibuka di PowerPoint 97-2003.
d. Find Add-Ins for other file format, Anda dapat menyimpan dokumen yang Anda buat dalam bentuk file formet yang lain, misalkan pdf dan xps.
e. Other Formats, membuka dialog box Save as, untuk memilih dari semua tipe file format yang tersedia atau memungkinkan.
BAB II
FORMAT DOKUMEN
Agar presentasi yang kita buat bener-benar sempurna dan layak untuk ditampilkan, Anda harus melakukan pengeditan dan pemformatan. Dalam pembuatan presentasi Anda akan bekerja dengan teks, table, slide dan elemen-elemen presentasi lain.
Bekerja dengan Teks
Teks merupakan elemen presentasi yang paling penting. Agar presentasi kita menarik dan membantu Anda dalam menjelaskan sesuatu, maka teks yang singkat, padat, jelas dan menarik sangat berperan penting.
2.1.1 Menambahkan Teks
Dalam Power Point, terdapat empat tipe teks yang dapat kita tambahkan dalam presentasi yang kita buat, antara lain :
1. Teks Placeholder
Placeholder adalah kotak yang dibatasi titik-titik yang menjadi sebagian besar layout slide. Kotak ini menjadi tempat judul dan teks atau objek seperti grafik, table dan gambar. Layout Slide terdiri dari placeholder teks dan objek dalam suatu variasi kombinasi. Dalam placeholder teks, ketik judul, sub judul, dan teks pada slide Anda. Anda dapat mengatur ukuran dan menggerakan placeholder dan memformatnya dengar border dan warna.
Gambar 2.1. placeholder
Untuk menambahkan teks ke placeholder, klik bagian dalam place holder, dan kemudian ketik atau paste teks yang hendak anda tuliskan.
Gambar 2.2. Membuat teks pada placeholder
2. Teks Autoshape
Autoshape adalah satu grup bentuk-bentuk siap pakai yang termasuk bentuk dasar, seperti segi empat, lingkaran, ditambah dengan variasi-variasi garis dan hubungan, panah, symbol flowchart, bintang, spanduk dan callout. Autoshapes seperti garis dan panah muncul pada slide dalam bentuk utuh namun anda dapat menggerakan, merotasi dan mengubah ukurannya. Jika Anda ketik teks ke dalam sebuah Autoshape, teks tersebut akan menjadi satu dengan Autoshape dan bergerak atau berotasi bersamanya.
Gambar 2.3. Shapes
Anda dapat memilih salah satu bentuk Autoshape sesuai dengan yang anda perlukan, kemudian jika anda memerlukan teks pada autoshape tersebut Anda bisa melakukannya dengan meng-klik kanan bentuk Autoshape tersebut dan memilih add text, lalu ketikan teks yang Anda inginkan.
Gambar 2.4. Membuat teks pada autoshape
3. Tex Box
Text Box adalah suatu tempat untuk teks yang dapat bergerak dan berubah ukuran. Anda dapat menggunakan text box untuk menempatkan teks dimanapun pada slide, seperti di luar sebuah placeholder teks. Contoh. Anda dapat menambahkan judul atau keterangan untuk sebuah gambar, atau table, atau grafik dengan membuat sebuah text box dan menempatkannya di dekat objek tersebut. Selain itu, text box dapat digunakan untuk menambahkan suatu teks ke suatu Autoshape, tetapi Anda tidak ingin teks tersebut menjadi satu bagian dengan Autoshape. Suatu text box dapat memiliki border, pengisi,bayangan, atau efek tiga dimensi, dan Anda dapat merubah bentuknya.
Gambar 2.5. Tex Box
4. WordArt
WordArt adalah objek yang Anda buat dengan efek siap pakai dan dapat diformat. Anda dapat menggunakan WordArt untuk teks yang menarik. WordArt dapat diperbesar, diperkecil, dan dirotasi atau dijadikan tiga dimensi atau vertikal.
Teks yang Anda ketik di placeholder, seperti judul dan daftar ber bullet, dapat diedit di slide atau tab outline. Teks dalam sebuah objek, seperti text box atau Autoshape, dan Teks WordArt tidak muncul pada outline dan harus di edit di slide.
Latihan 1
Buat beberapa slide di berikut ini
.Slide 1
Slide 2
Slide 3
Slide 4
2.1. Mengatur Format Teks
2.2.1. Format Font
Anda dapat menformat font dengan mempergunakan tool group font yang terdapat pada tab ribbon Home. Tool group font akan aktif jika anda mengaktifkan teks yang terdapat pada place holder atau text box. Untuk mengaktifkan pemilihan pada toolgroup font, Anda harus menyeleksi terlebih dahulu teks yang akan di format, atau meng-klik placeholder teks yang akan di format.
1. Menyeleksi teks (mem-blok teks yang akan di format)
Gambar 2.7. Menyeleksi teks
2. Klik placeholder (meng-klik garis pada placeholder)
Gambar 2.8. mengaktifkan placeholder
(garis menjadi tidak putus-putus)
Setelah Anda melakukan salah satu langkah di atas, Anda dapat melakukan format melalui toolgroup font yang terdapat di Ribbon Tab Home.
Gambar 2.9. Toolgroup Font
Selain melalui toolgroup font, Anda juga dapat melakukan format font dari font dialog box yang dapat diaktifkan dengan meng-klik :
Gambar 2.10. Font Dialog Box
Toolgroup Font terdiri dari :
1. Font (Jenis Huruf)
Anda dapat mengganti jenis huruf yang dipergunakan untuk teks yang Anda buat, pilihan bentuk huruf dapat Anda pilih melalui toolgroup font atau melalui Font Dialog Box.
2. Font Size (Ukuran Huruf)
Dalam membuat tampilan presentasi ukuran huruf sangatlah penting, besar kecilnya
3. Font Style (Bold, Italic, Underline)
4. Effect
Anda dapat memberikan efek pada teks yang Anda buat, pilihannya bisa Anda lakukan melalui tombol yang ada di toolgroup font atau melalui Font Dialog Box.
5. Character Spacing
6. Increase/Decrease Font Size
Tombol inu berfungsi untuk mengatur ukuran huruf sesuai dengan keinginan Anda.
7. Clear All Formating
Tombol ini berfungsi untuk menghapus semua perintah format yang Anda lakukan dan hanya meninggalkan teks aslinya.
8. Change Case
Change Case berfungsi untuk merupakan penggunaan huruf besar dan huruf kecil pada teks yang Anda buat.
9. Font Color
Selain melakukan perubahan pada jenis, ukuran, gaya dsb. Seperti disampaikan di atas, Anda juga dapat memberikan warna pada teks yang Anda buat
Latihan:
Ubahlah slide yang telah anda buat sehingga menjadi:
2.2.2. Format Paragraph
Selain melakukan format Font, Anda juga dapat melaklukan format Paragraph dengan mempergunakan toolgroup Paragraph yang terdapat pada ribbon tab Home. Untuk mengaktifkan hasil format yang anda lakukan, terlebih dahulu anda harus melakukan salah satu langkah di bawah ini
· Meng-klik placeholder yang berisi paragraph yang hendak di format, langkah ini dilakukan jika hasil format berlaku untuk keseluruhan paragraph yang ada pada placeholder.
· Menyimpan kursor pada salah satu paragraph, proses format yang anda lakukan hanya akan aktif pada paragraph di mana kursor berada.
· Menyeleksi paragraph yang hendak di format, ini dapat dilakukan untuk memilih paragraph tertentu yang akan di format.
Gambar 2.20. Toolgroup Paragraph
1. Alignment/Perataan
Selain perataan secara horizontal yang dilakukan dengan mengklik tombol , Anda juga dapat melakukan perataan secara vertikal dengan mengklik tombol
2. Bullet and Numbering
Pada slide theme maupun layout terdapat pilihan yang mengandung bullet/numbering, pilihan bullet/numbering yang sudah anda bisa Anda ganti dengan mengklik tombol, lalu memilih bentuk bullet/numbering yang Anda kehendaki.
3. Line Spacing
Tombol ini dipergunakan untuk mengatur spasi pada paragraph yang Anda buat, selain pilihan di atas Anda juga dapat mengatur spasi sesuai dengan keperluan Anda dengan mengklik Line Spacing Options.
4. Column
Latihan:
Ubahlah slide yang telah anda buat sehingga menjadi:
2.2.3. Menyisipkan Gambar/Clip Art
1. Menyisipkan Gambar
Untukmenyisipkan gambar pada slide yang Anda buat, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Picture pada toolgroup Illustration.
Gambar 2.27. Toolgroup Illustration
Setelah Anda mengklik tombol Picture, maka akan muncul Dialog Box Insert Picture, selanjutnya Anda tinggal memilih file gambar yang Anda kehendaki.
2. Menyisipkan Clip Art
Selain gambar, Anda juga dapat menyisipkan Clip Art pada slide presentasi yang Anda buat, Clip Arti disediakan oleh Ms. Office maupun koleksi Anda dan juga hasil penelusuran web site.
Setelah meng-klik tombol Clip Art, maka akan mucul Task Pane Clip Art, untuk mempermudah pemilihan maka sebaiknya Anda hanya mengaktifkan penelusuran untuk My Collection dan Office Collection saja.
Pilihlah Clip Art yang Anda kehendaki, Anda bisa mengklik langsung Clip Art yang Anda pilih, atau mengklik panah kecil yang mucul disbelah kanan saat Anda menyorot kursor pada clip art yang Anda kehendaki.
Latihan: Buatlah slide berikut ini:
BAB III
HYPERLINK
Hyperlink merupakan fasilitas dalam pembuatan tampilan presentasi untuk mempermudah Anda mengatur slide yang Anda buat. Fasilitas yang ada pada Ribbon Tab Insert ini mempermudah kita untuk menampilkan bagian tertentu dari slide yang kita buat, disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam presentasi.
MEMBUAT HYPERLINK PADA SLIDE PRESENTASI
1. Sebelum Anda membuat Hyperlink, maka buatlah slide presentasi seperti di bawah ini
Buatlah slide presentasi di atas semenarik mungkin, dengan desain yang Anda buat sendiri. Anda bisa mendesainnya seperti Anda mendesain sebuah Web Site.
2. Membuat Link
a. Seleksilah teks, gambar, clip art atau place holder yang akan Anda Link.
b. Kemudian, Klik Ribbon Tab Insert, lalu pilih Hyperlink
c. Maka, akan mucul jendela dialog seperti berikut :
· Existing File or Web Page : Anda me-link pada file yang telah ada sebelumnya, yang Anda simpan pada folder tertentu. Atau Anda melakukan link ke alamat web tertentu dengan menuliskan alamat web tersebut pada Address Bar.
· Current Folder : Link pada file yang ada pada folder dimana file kita ada.
· Browsed Page : Memilih link pada drive/folder dimana folder kita berada
· Recent File : Muncul file-file yang bisa kita pilih untuk di link
· Place in This Document : Anda melakukan link pada slide presentasi yang sama yang sudah Anda buat sebelumnya.
· Create New Document : Membuat document baru yang akan kita link dengan slide presentasi yang kita tentukan.
· E-mail Address : Link pada alamat email tertentu.
d. Untuk pilihan link berdasarkan slide yang kita pilih, maka kita melakukan link pada slide lain yang ada pada file presentasi kita (Place in This Document).
Teks yang sudah ter-link akan berwarna biru dan bergaris bawah.
e. Melakukan Link pada file lain yang ada di folder (misalkan link ke format document)
f. Mencoba aktif tidaknya link yang kita buat.
Untuk melihat aktif tidaknya link yang kita buat, maka kita harus menjalankan slide presentasi yang telah kita buat tersebut. Caranya :
· Mengaktifkan ribbon tab slide show dan memilih salah satu pilihan pada ribbon start slide show. Atau,
· Mengklik tombol yang ada di bagian bawah, untuk menampilkan halaman yang sedang aktif.
g. Untuk setiap halaman yang menjadi link bagi menu utama dari slide Anda, Anda harus membuat link kembali ke menu utama, atau menu tertentu sesuai dengan yang Anda inginkan
MENJALANKAN PRESENTASI
Saat menjalankan presentasi pada layar komputer (on-screen), seluruh layar akan digunakan dan komponen-komponen layar seperti toolbar, menu, dan lain-lain akan hilang dari layar. Cara menjalankan presentasi ini cukup sederhana, buka presentasi yang akan dijalankan, lalu klik menu View, Slide Show atau menu Slide Show, View Show.
0 comments:
Post a Comment